info palang merah

SEJARAH PALANG MERAH INDONESIA

Seperti Palang Merah Internasional, lahirnya PMI juga berkaitan dengankancah peperangan, diawali pada :

MASA SEBELUM PERANG DUNIA II
• 21 Oktober 1873 Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie (NERKAI) didirikanBelanda.
• Tahun 1932 dr. RCL Senduk dan dr. Bahder Djohan merencanakanmendirikan Badan PMI
• Tahun 1940 pada sidang konperensi NERKAI, rencana diatas ditolak karenamenurut Pemerintah Belanda, rakyat Indonesia belum mapu mengatur BadanPalang Merah Nasional.

MASA PENDUDUKAN JEPANG
Dr. RCL Senduk berusaha lagi unuk mendirikan BADAN PMI namun gagal, ditolak Pemerintah DAI NIPPON.
MASA KEMERDEKAAN RI
• 17 Agustus 1945 RI merdeka
• 3 September 1945 Presiden Soekarno memrintahkan kepada MenteriKesehatan dr. Buntaran Martoatmodjo untuk membentuk suatu Badan PalangMerah Nasional.Pembentukan PMI dimaksudkan juga untuk menunjukkanpada dunia internasional bahwa negara Indonesia adalah satu fakta yang nyata.
• 5 September 1945 Menkes RI dlam Kabinet I (dr. Boentaran) membentukPanitia 5 (lima) : Ketua : dr. R. Mochtar, Penulis : dr. Bahder Djohan, Anggotadr. Djoehana, dr. Marzuki, dr. Sitanala)
• 17 September 1945 tersusun Pengurus Besar yang dilantik oleh WakilPresiden RI Moch. Hatta yang sekaligus beliau sebagai Ketuanya.
MASA PERANG KEMERDEKAAN
Pada masa itu terjadi peperangan dimana-mana. Dalam usia muda PMImenghadapi kesulitan, kurang pengalaman, kurang peralatan dan dana. Namun orang-orang secara sukarela mengerahkan tenaganya, sehinggaurusan kepalangmerahan dapat diselenggarakan.Berbagai pertolongan danbantuan seperti Dapur Umum, Pos Pertolongan Pertama/PP, pengangkutandan perawatan korban pertempuran, sampai pada penguburannya jika adameninggal, dilakukan oleh laskar-laskar sukarela di bawah Panji PalangMerah yang tidak memandang golongan, agama dan paham politikmemudahkan pekerjaan membantu mereka yang memerlukan bantuan dimana saja.
Pada waktu dibentuk Pasukan Penolong Pertama (Mobile Colone) olehCabang-Cabang. Anggotanya terdiri dari pelajar sekolah tinggi dan menengah.
Pada permulaan tahun 1946 telah terkumpul kurang lebih 60 wanita untukdididik sebagai pembantu jururawat yang di asramakan di gedung Chr. HBSSalemba.Meeka kemudian dikirim ke daerah luar Jakarta sampai ke daerahpertempuran.Menurut catatan pada waktu itu PMI sudah memiliki 40 Cabang. : ( yang

Tinggalkan komentar